Sabtu, 01 April 2017

Rute OpenBVE Sidoarjo-Probolinggo dan Sidoarjo-Lawang



Stasiun Tanggulangin dan tanggul lumpur Lapindo

Seperti janji saya sebelumnya, kali ini saya memperkenalkan rute OpenBVE saya yang kelima yaitu Sidoarjo-Probolinggo serta Sidoarjo-Lawang. Rute Sidoarjo-Probolinggo merupakan rute pertama saya yang melintasi 2 DAOP sekaligus, yaitu dari DAOP VIII Surabaya menuju DAOP IX Jember. Rute ini melintasi wilayah 3 kabupaten dan 2 kota, yaitu Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Kota Pasuruan, dan Kota Probolinggo. Sedangkan, rute Sidoarjo-Lawang melintasi wilayah Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Pasuruan, serta Kabupaten Malang.
Rute ini melintasi berbagai tempat yang khas dan hanya ada di rute ini. Mulai dari tanggul penahan lumpur panas 'karya' PT. Lapindo Brantas di petak Tanggulangin-Porong, persilangan rel kereta api dengan rel lori PG. Kedawung di Rejoso, dan juga beberapa viaduct serta aquaduct di petak Sengon-Lawang. Hutan di petak Bangil-Wonokerto serta persawahan yang luas di daerah Pasuruan dan Grati juga memberikan pengalaman tersendiri ketika anda bermain rute malam di daerah tersebut.

Rute OpenBVE Sidoarjo-Probolinggo serta Sidoarjo-Lawang dapat di-download DI SINI

KA Probowangi selepas Stasiun Rejoso

KA Mutiara Timur Malam di tikungan PJL Pilang, Probolinggo
KA Bima di Stasiun Sengon
KA Jayabaya dibawah Fly Over Lawang



68 komentar:

  1. diupload juga rutenya ...............

    BalasHapus
    Balasan
    1. gimana rutenya? sudah diboba belum? ... :)

      Hapus
    2. Bagus mas,apalagi k1 0 16 nya bagus, cuma sayangnya ambielight nya terlalu gelap, jadi saya ganti menjadi 150, itu cara membuat suara keberangkatan sama kedatangan gimana y?

      Hapus
    3. pengen nambahin scripnya ranggajati

      Hapus
    4. yang Bima memang kurang terang, lupa belum saya edit

      Hapus
    5. yang Bima memang kurang terang, lupa belum saya edit

      Hapus
    6. yang jayabaya sama mutiara timur gelap sekali mas ....... gak kelihatan apa apa

      Hapus
    7. rute daop 2 nya sudah sampe mana?

      Hapus
    8. Masih siap-siap buat objek

      Hapus
    9. disarankan membuat rute dari cipendui saja biar kelas argo bisa dimasukan

      Hapus
    10. rencana saya nanti untuk KA yang tak berhenti di Cibatu nantinya mulai perjalanan dari sinyal masuk stasiun Cibatu.

      Hapus
  2. Weh mantep eh mas rutenya 👍. Dikasih bonus kereta juga. Terbaik mas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. He he soalnya saya kurang bagus kalo ngedit mas. Setelah ini rencanya rute apa lagi mas? Ditunggu ya 😀

      Hapus
    2. He he soalnya saya kurang bagus kalo ngedit mas. Setelah ini rencanya rute apa lagi mas? Ditunggu ya 😀

      Hapus
  3. Rute nya keren + terima kasih rangkaian nya

    BalasHapus
  4. Rute nya keren + terima kasih rangkaian nya

    BalasHapus
  5. Rutenya keren & terima kasih y mas fikri

    BalasHapus
  6. rutenya menantang, di mana harus waspada soalnya gak bisa ngeblong sampe 100 km/jam kayak Jogja-Solo, kira" kapan tambah buat KA Penataran?

    BalasHapus
  7. the best emang mas fikri, sukses terus mas

    BalasHapus
  8. mas kok rangkaian nya punya kok nggak bisa loko nya nggak ada?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Loknya pakai CC 206 Class bikinan Sataya Company

      Hapus
    2. Bang fikri.. Kali² dong bikin rute daop1 jalur barat... :-D

      Hapus
  9. Good Bagus Mau buat rencana rute apalagi?

    BalasHapus
  10. Upload rute lagi sebelum puasa mas wkwkwkwkw

    BalasHapus
  11. Upload rute lagi sebelum puasa mas wkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum sempat kalau sebelum puasa

      Hapus
    2. Abis lebaran kali ya.....

      Hapus
    3. rencana saya sebetulnya pas 17 Agustus, tapi waktunya agak mepet

      Hapus
  12. mas boleh tau enggak durasi pembuatan rute ini. kalo ini sudah realistis banget rutenya. makasih ya buat rutenya plus rangkaiannya hehehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya untuk bikin objek stasiun, KA, dsb. itu sekitar 1 bulan, kalau rutenya biasanya saya 1 pekan dapat 1 petak. Ngerjakan rutenya santai kok, paling 1 hari cuma 30-90 menit saya itu.

      Hapus
    2. mantap mas. oh ya, buat rangkaian keretanya dibuat di photoshop apa corel draw ?

      Hapus
    3. sebagian besar gambarnya saya bikin pakai paint

      Hapus
  13. Sukses terusss, ditunggu karya karya selanjutnya...

    BalasHapus
  14. Rute yang bagus, realistis seperti rute2 anda biasanya...

    Saya beri beberapa saran utk perbaikan di rute selanjutnya ya;
    - Di rute ini, di rute siangnya kok lampu2 di jalan msh pada nyala? Boros listrik loh heheheuh...
    - Suasana pemukimannya masih agak monoton. Bentuk & warna rumahnya itu2 saja. Mungkin bs ditambah rumah dgn warna&bentuk yg lbh bervariasi, dan tambahkan objek2 selain rumah, misalnya; masjid, wc umum, warung, kuburan, pos hansip dll
    - Ketika ada sawah di pinggir rel yg menanjak, drpd sawahnya dibuat miring mengikuti kemiringan rel, bukankah lbh baik jika sawahnya dibuat berundak (terasering)....

    Sukses terus mas, ditunggu rute daop 2nya... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebetulnya variasi-variasi seperti itu tidak sulit, hanya saja menambah lama waktu pengerjaan. Yang lampu masih menyala itu semoga rute selanjutnya sudah tak ada masalah. terimakasih banyak atas evaluasinya.

      Hapus
  15. mas, trik sukses nanjak Bangil-Lawang gimana sih? Aku pernah pake kok cuma bisa paling pol 30an, sampe Lawang telat banyak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masnya pake lok apa tuh?
      Saya kmaren coba pake lok CC300 bikinan sendiri kuat 50 :)

      Hapus
    2. kalau pakai cc 201 atau cc 203 dari indonesia locomotive pack memang harus ancang-ancang dari bangil, karena di tanjakan 20 permil nanti sulit nambah kecepatannya.

      Hapus
  16. suwun yo mas wes nepatin janjine heheheheheh :D

    izin download yo mas, semoga sehat terus and rejekinya makin deres

    BalasHapus
  17. makasih mas buat rangkaian k1 16 .sehat slalu mas, dan saya juga mau izin untuk minjem rangkaiannya ka bima buat diubah jadi ka argo dwinpagga sama sancaka.

    BalasHapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  19. Mas fikry, ga ada anak buahnya yang bikin route selain mas fikry?

    :)

    BalasHapus
  20. mas, rangkaianku kok lokomotifnya abu2 kotak ya? padahal sudah ngikutin cara masukin rangkaian seperti biasa. mohon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti belum pernah download rangkaian cc 206 class dari sataya company ya. Solusi mudahnya, copy 1 folder lokomotif CC 206 yang anda punya, lalu di-paste di openBVE Indonesia\Train\CC 206 Class\CC 206 Class (Pssanger). lalu, folder itu tadi diberi nama mennjadi loko. lalu, file objek CC 206 dengan format .animated diganti nama menjadi CC 206 13 01.animated. Untuk file suaranya tinggal copy dari rangkaian CC 206 lain yang anda punya lalu di-paste di openBVE Indonesia\Train\CC 206 Class\CC 206 Class (Pssanger)

      Hapus
    2. makasih mas, sangat membantu sekali. sukses terus mas bikin rute nya

      Hapus
  21. Mas, rute iki apik gan, mas minta rute divre 3 sumsel kapan2 tks

    BalasHapus
  22. mas objek nya (stasiun, rel dll) kok hitam smua yang nampak cuma keretanya aja mohon bantuannya mksi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salah alamat itu. File rar yang di download itu langsung di-extract di folder openBVE.

      Hapus
  23. mas minta link download KA yang terbarunya dong , sama rute yang menurut mas paling disukai yang jauh jaraknya tapi keren rutenya . rute sidoarjonya dah mantap banget itu mas .
    saya railfans banget :D invite id line saya nkpamungkas22

    BalasHapus
  24. Mas Fikri, kalo K1 Bimanya boleh saya edit gak ?

    BalasHapus
  25. kok lokomotif bima punya saya gk ada mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti belum pernah download rangkaian cc 206 class dari sataya company ya? Solusi mudahnya, copy 1 folder lokomotif CC 206 yang anda punya, lalu di-paste di openBVE Indonesia\Train\CC 206 Class\CC 206 Class (Pssanger). lalu, folder itu tadi diberi nama mennjadi loko. lalu, file objek CC 206 dengan format .animated diganti nama menjadi CC 206 13 01.animated. Untuk file suaranya tinggal copy dari rangkaian CC 206 lain yang anda punya lalu di-paste di openBVE Indonesia\Train\CC 206 Class\CC 206 Class (Pssanger)

      Hapus
  26. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  27. Mas fikrie kok diopenbve saya yg v1.2.xx gk bisa file tidak di temukan teruss truss saya udh download berkali kali tetep aja file yang tidak ditemukannya banyak ada 500an ada solusinya mas?? saya pengen cobain maaf saya newbie

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau file RAR yang di-download sudah di exrtract di folder openBVE seharusnya lancar. Tetapi kalau alamat foldernya sudah benar dan masih ada masalah, sampai saat ini saya belum tahu solusinya

      Hapus
  28. Dek, kira-kira bisa gak saya mau tambah objek keretanya

    BalasHapus
  29. gan. maksud saya, rute bogor-sukabumi itu, buatan jepang, nah, sekarang bikin yg asli khas indonesia

    BalasHapus
  30. Salam kenal, Mas Fikri. Sy sdh download rute ini & dibuka pk Route Viewer. Dr Stasiun Sidoarjo - Stasiun Bayeman tdk ada mslh. Pas mau msk sinyal muka Stasiun Probolinggo, rutenya not responding/crash. Apa mmg demikian? Sy coba yg rute Sidoarjo - Lawang lncr2 sj. Mhn pncerahannya & smg sukses utk rute berikutnya. Terima kasih.

    BalasHapus
  31. Tanggal brp rute RK-MER Nya keluar

    BalasHapus
  32. Mas izin convert ke Hmmsim ya :)

    BalasHapus