Kamis, 21 April 2016

Rute OpenBVE Kalibaru-Jember by FikriRF06


Salah satu PJL di petak Ledokombo-Kalisat

        Dalam rangka memperingati 137 tahun R.A. Kartini sebagai salah satu pahlawan nasional Indonesia, saya akan mempersembahkan rute OpenBVE saya yang ketiga, yaitu rute OpenBVE Kalibaru-Jember. Rute ini adalah rute pertama saya yang jalurnya didominasi oleh perbukitan dan tikungan serta tanjakan dan turunan yang curam. Setiap petak dari rute ini memlikiki kekhasan masing-masing yang berbeda dengan rute lainya.
       Pada awal rute, jalur yang dilewati cenderung lurus, namun ketika akan memasuki wilayah perbukitan Gunung Gumitir, jalur yang lurus seketika berubah menjadi jalur yang penuh tikungan dan tanjakan tajam. pada perbukitan ini, terdapat dua terowongan, yaitu terowongan Mrawan (700 m) dan terowongan Garahan (100 m). jalurnya juga didominasi oleh hutan.
      Setelah Stasiun Garahan, jalur yang menanjak berubah menjadi turunan tajam. Anda harus sangat berhati-hati disini. Jalur KA setelah Stasiun Garahan hingga Stasiun Kalisat didominasi oleh persawahan, perkampungan, dan juga perkebunan milik warga. Sebelum memasuki Stasiun Kalisat, ada bekas jalur percabangan dari Kalisat menuju Bondowoso hingga Panarukan.
       Setelah Stasiun Kalisat, jalur didominasi oleh persawahan hingga Stasiun Arjasa. Pada petak Kalisat-Kotok, terdapat tikungan kearah kiri dengan sudut yang lebih dari 180 derajat, yang merupakan tikungan dengan sudut terbesar pada rute ini. Setelah Stasiun Arjasa, jalur KA yang berdampingan dengan jalan raya Jember-Bondowoso pemandanganya didominasi oleh perkampungan.
        Rute ini merupakan rute OpenBVE buatan saya dengan jumlah perlintasan dengan palang pintu yang cukup sedikit, yaitu hanya 11 buah, dan 2 diantaranya terletak sebelum Stasiun Kalibaru dan sesudah Stasiun Jember. Namun tidak ada salahnya untuk mencoba rute yang eksotis ini.

Rute OpenBVE Kalibaru-Jember bisa Anda download DI SINI
Terimakasih telah mendownload rute kami

Berikut ini beberapa screenshot dari rute Kalibaru-Jember

KA Mutiara Timur melintasi jembatan di petak Mrawan-Garahan

KA Pandanwangi keluar dari terowongan Mrawan

KA Sritanjung keluar dari terowongan Garahan

KA Probowangi di eks percabangan Kalisat
   

49 komentar:

  1. Balasan
    1. cuma pakai notepad sama route viewer

      Hapus
    2. Ok ,ini aku barusan download,nanti ada animasi ka berjalan atau tidak seperti daop 7 kemarin?

      Hapus
    3. di rute ini hanya ada KA Probowangi yang tunggu bersilang KA Sritanjung di Arjasa sama KA Pandanwangi yang tunggu bersilang KA Probowangi di Kalisat

      Hapus
    4. mas kok punya saya habis di extrak object nya enggak muncul
      minta solusi

      Hapus
    5. mungkin salah alamat itu, ekstraknya di folder OpenBVE.

      Hapus
  2. Mas,Kok Error sih.File yang tidak ditemukan sampai ratusan

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu mungkin salah alamat, extract filenya di folder OpenBVE

      Hapus
    2. Udh gan, Folder Railway udh ane taruh di Folder OpenBVE.Tetep error, File yang tidak ditemukan sampai ratusan.Padahal ane gk apa-apa in tuh Folder, Mohon pencerahannya gan.Ane pengen banget main di Rute buatan agan ini.Soalnya dari Screenshotnya udh bikin ngiler

      Hapus
    3. coba, dilihat, ini lokasinya yang benar

      Rute = Raiway\Route\PT KAI DAOP 9 JR
      Objek = Railway\Object\KAI JR
      Suara = Railway\Sound\KAI JR

      Hapus
  3. mas boleh bagi add ons yg ka sritanjung ga?

    BalasHapus
  4. mas boleh minta tutorial buat bikin jalur sama stasiun nya enggak ? kirim di e-mail saya saja thoriqnurcahyo21@gmail.com


    terima kasih

    BalasHapus
  5. Balasan
    1. siap mas di tunggu, maaf kalo merepotkan

      Hapus
  6. mas kalau di rute kalibaru jember kan ada ka probowangi yang tunggu bersilang,nah disana kenapa gerbong gensetnya bisa bersuara mohon pencerahannya

    BalasHapus
  7. mas kalau di rute kalibaru jember kan ada ka probowangi yang tunggu bersilang,nah disana kenapa gerbong gensetnya bisa bersuara mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya, suara dari genset yang ada di Arjasa itu bukan suara yang berasal dari objek KMP3 nya, tetapi itu suara yang diletakkan di rute dan asal suaranya diletakkan di dekat lokasi gensetnya, dengan perintah yang sama dengan suara PJL, hanya berbeda suara dan lokasinya.

      Hapus
    2. kalau suara itu dipindah ke gerbong openbve bisa nggak mas

      Hapus
    3. kalau suara itu dipindah ke gerbong openbve bisa nggak mas

      Hapus
    4. Saya sendiri juga belum tahu caranya

      Hapus
  8. kok saya pake ka pandanwangi di kalisat gak nunggu silang ya? malah aspek sinyal udh ngangkat aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau Pandanwangi setelah saya coba memang ada masalah di sinyal keluarnya Ledokombo sama Arjasa, yaitu salah objek, karena objek yang dipakai untuk sinyal keluar itu seharusnya untuk jalan langsung, bukan berhenti.

      Hapus
  9. mas boleh minta tolong buattin lokomotif uap d52 gak mas? kalau boleh mas bisa kirimkan ke bayusevier@gmail.com

    BalasHapus
  10. wah, kalau bikin lokomotif saya masih kurang berpengalaman, mungkin kalau untuk rute PWS-WNG besok saya bisa berhasil bikin rangkaianya railbus, mungkin lok uap itu bisa saya coba bi
    kin

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. mas kapan mau buat rute purwosari-wonogiri.saya suka banget sama rute nya mas

    BalasHapus
  13. mas kapan mau buat rute purwosari-wonogiri.saya suka banget sama rute nya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Doakan Saja, semoga bisa upload bulan Agustus atau September. Saat ini masih menggarap petak Purwosari-Solo Kota

      Hapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. Saya sangat suka rute2 buatan anda, terutama karena rute2 yg anda buat cukup mirip dgn aslinya, dan objek2nya lengkap.
    Dan objek2 anda jika dilihat ke arah belakang tidak hilang, sedangkan di rute2 lain objek akan menghilang jika dilihat ke arah belakang...

    BalasHapus
  16. Dear agan fikri, salam kenal, boleh minta alamat email, , buat komunikasi nya ..mohon d pandu bagaiamana cara membuat rute..siapa tau kalo saya udah bisa bikin rute kita bisa join development bikin rute..mohon responnya .. terima kasih ...

    BalasHapus
  17. Keren Abis mas bro rutenya, buat saya masalah traffic kurang paham, tapi untuk terrain, hutan jati, ladang jagung, sawah, pohon kelapa dan pisang begitu terkesan. serasa melihat keindahan alam indonesia lewat jalur KA. Apalagi lihat jembatan dan viaduct yang bagus. itu plang warung soto sebelum stasiun kalisat unik juga. Terima kasih atas karyanya yah.

    Salam Tuan_Li

    BalasHapus
  18. Mas Bisa Gak Buatkan Rute Surabaya-mojokerto aku request!!

    BalasHapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  20. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  21. setelah selesai buat rute SDA-Probolinggo, saya sarankan Rutenya di lanjut mas antara KBR-BWI atau Probolinggo-JR biar Joss.. dan pasti anda adalah penguasa rute daop 9 :3

    BalasHapus
  22. Min Gada Rute BW-JR Rilis Dong minnnn

    BalasHapus
  23. mas bikin rute bogor-sukabumi dong.. yg asli,
    kalo yg BOO-SI itu rute jepang...

    BalasHapus
  24. request rute selanjutnya: Kalisat - Panarukan.

    BalasHapus