Sabtu, 22 Agustus 2015

Rute OpenBVE Indonesia Kediri-Madiun




      Pada kesempatan kali ini, sesuai dengan peringatan 70 tahun Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri), saya akan memperkenalkan salah satu rute OpenBVE buatan saya, yaitu rute Kediri-Madiun dan Jombang-Madiun. Rute ini merupakan bagian dari jalur selatan yang saat ini masih single track dan baru sedikit stasiun yang sudah menggunakan persinyalan elektrik.
     Rute ini memiliki bentang alam yang beragam, mulai dari jalur yang datar hingga perbukitan, meskipun semuanya termasuk dataran rendah, dimana stasiun tertinggi di rute ini adalah stasiun Saradan (107 Mdpl). Beberapa tempat eksotis dalam rute ini misalnya simetri Kertosono, jembatan Kali Brantas Kertosono, perbukitan Wilangan, dsb.
      Pada rute ini, sesuai dengan kondisi jalurnya yang beragam, batas kecepatan yang ada pun juga beragam, karena selain ada beberapa tikungan yang mengharuskan kereta api melambat, ada juga jembatan yang kurang kuat sehingga harus berjalan pelan dan juga pada lintas Kediri-Kertosono rel yang digunakan tidak rata sehingga tidak bisa berjalan terlalu cepat.  

Rute OpenBVE Indonesia Kediri-Madiun dapat di download DI SINI

Berikut beberapa screenshot yang ada sebagai ilustrasi



KA 165 Krakatau di Tikungan S Wilangan

KA 181 Kahuripan di Simetri Kertosono
KA 5 Argo Wilis berjumpa KA 182 Kahuripan di Nganjuk
KA 196 Sritanjung di Simetri Kertosono

106 komentar:

  1. keren gan (y) kalau ada waktu tolong bikin rute banyuwangi - jr dong gan thx

    BalasHapus
  2. Rencana saya setelah ini mau buat rute Kalibaru-Jember, kalau mau buat Banyuwangi-Jember, kalau menurut saya agak kejauhan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. gan... bikin rute bogor-sukabumi dong.. keretanya pangrango

      Hapus
    2. buat aja bang gue suka rute banyuwangi jember

      Hapus
  3. Haduh gan rutenya pas kepingin msuk stasiun madiun malah keluar nih gimana sih cara mengatasinya? Saya tidak tau soalnya x_x saya mw bgt lancar mainin rute Kediri-Madiun Gan. Tlng Bantuannya dong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau menurut saya, itu sepertinya karena spesifikasi komputer yang kurang, karena di Stasiun Madiun itu objeknya banyak, mulai dari rangkaian ketel, K3 yang parkir, dan juga lokomotif BB 301 25 yang sedang parkir. Coba saja dibandingkan dengan spesifikasi laptop saya, kalau komputer anda spesifikasinya lebih bagus, mungkin bisa diperbincangkan nanti.

      Prosesor :Intel Celeron CPU 1007U @ 1.50GHz 1.50GHz
      RAM :4,00 GB (3,89 GB dapat digunakan)

      Hapus
    2. itu laptop nya merk apa mas ??, mohon di balas

      Hapus
    3. mas supaya Kereta nya bisa pindah peron gimana ya? mohon tutorialnya

      Hapus
    4. merk laptop saya asus, kalau tutorial pindah jalur sudah saya post di http://fikrirf06.blogspot.co.id/2016/05/mengubah-arah-wesel.html

      Hapus
  4. gan, punya atau ada rencana untuk rute surabaya-jombang atau surabaya sidoarja gg?
    terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum ada rencana, meskipun sebenarnya juga pengin bikin. semmentara waktu ini masih persiapan untuk rute Kalibaru-Jember

      Hapus
    2. mas kalo mau edit rutenya agar berhenti di stasiun lain dari rute ini bagaimana?

      Hapus
    3. Caranya, file routenya yang ada di folder PT KAI DAOP 7 MN, yang akan anda edit, misalnya KD-MN Krakatau.csv, dibuka menggunakan notepad. setelah dibuka, anda cari stasiun yang akan anda ubah jadwalnya, misalnya stasiun Nganjuk. dengan menekan Ctrl+F, cari kata "Nganjuk". Setelah ketemu, anda akan menemukan script dengan format seperti ini

      50925
      .Sta Nganjuk; p; ; 0; B; 1; 0;

      Anda hanya perlu mengubah script tersebut dengan format seperti ini

      .Sta Nganjuk;waktu kedatangan;waktu keberangkatan;0;posisi peron; 1; 0;

      Format waktu = jj.mmdd, contoh = 09.1300
      Posisi peron = B: Kanan-kiri, L:Hanya disebelah kiri, R: Hanya disebelah kanan

      Hapus
    4. mas puna tutorial atau pemrogrman untuk editing rute yang lain gg mas? kalo punya bagi donk mas, hehehe....

      Hapus
    5. sebenarnya saya ingin kasih tahu tentang cara buat rutenya, tapi kalau lewat sini mungkin kepanjangan, jadi menurut saya paling bagus lewat e-mail. Tapi saya sendiri sebenarnya untuk bikin rute itu belajar sendiri, jadi masih banyak bahasa yang belum saya kuasai.

      Hapus
  5. Klo misal AMD A6,dual core 2,7Ghz RAM 2Gb mampu gak gan

    BalasHapus
  6. Posting yg utk DAOP 1 SUMUT & NAD dong... :)

    BalasHapus
  7. Saya request rute Gambir - Semarang Tawang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa, kok jauh banget kang. saya mampunya cuma samppai 100 km. maaf ya...

      Hapus
  8. Kalo bikin rute itu harus masukin free object yang banyak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya tidak harus, yang penting sesuai dengan keinginan anda. kalau menurut saya FreeObj itu salah satu hal yang penting, karena saya sendiri kurang menyukai rute yang kosong (objeknya sedikit).

      Hapus
  9. Saya baru buat blog bisa dikunjungi di (balaiyasakda.blogspot.com)

    BalasHapus
  10. Kalau rute ini bisa dibikin ngak kalau bisa saya request rute surabaya pasar turi - lamongan

    BalasHapus
  11. untuk penambahan objek bergerak seperti mobil, cara penambahannya bagaimana ya ?

    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ingin menambahkan objek, caranya mudah

      1. Buka file rute dengan notepad
      2. Cari struktur .Freeobj(nomor) KAI MN\...
      3. Disitu Anda bisa menambahkan objek, misalnya
      .FreeObj(1234) KAI MN\Vehicle\Car.animated
      4. Setelah itu, Anda bisa meletakkan objek di lintas , dengan menulis script
      .FreeObj [no. rel];[no. objek];[posisi x];[posisi y];[rotasi sumbu y];rotasi
      sumbu x]
      Contoh = .FreeObj 0;161;-31;-0.65;0;0
      5. Apabila Script anda benar, maka objek tersebut akan muncul di rute

      Sedangkan, untuk membuat objek ANIMATED yang bergerak, saya seendiri masih belum bisa membuatnya, terimakasih

      Hapus
  12. Saya sedang butuh developer untuk add ons nya dipasang di blog saya mohan bantuannya
    Dan di beri credit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Butuh dicarikan developer atau bagaimana? kalau ingin memasukkan saya sebagai developer, monggo

      Hapus
    2. Sama saya mau tanya cara membuat objek sendiri

      Hapus
    3. Wah, tutorialnya agak kepanjangan kalau disini, lewat email saja bisa?

      Hapus
  13. Mas kok di saya kalo make rute ini, saat mulai kereta nya ngeguling ya mas? Kadang2 juga saat loading kedip2 layar openbve nya? Mohon solusinya

    BalasHapus
  14. Master kalo bikin rute CIANJUR-PADALARANG bisa nga saya Request
    #mohon BALAS

    BalasHapus
  15. permisi mengapa saat memainkan geme menggunakan rute ini selalu gagal (rute item) mohon pencerahanya

    BalasHapus
  16. Itu biasanya karena objeknya salah alamat. Mungkin bisa diteliti lagi alamat objeknya

    BalasHapus
  17. gan ane pesen rute tanah abang - maja 089685084519

    BalasHapus
  18. ane bayarin dah gan rute tanah abang - maja

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh, gimana ya... agak kejauhan sih. kalau misalnya Rangkasbitung-Serpong kalau nggak Parungpanjang-Tanahabang gimana ya?

      Hapus
    2. abis itu di blog ini di sebar ya bia (freeware) please

      Hapus
  19. Kalau rute di daop 4 semarang bisa gak y?

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum tahu, kapan itu ada yang minta SMC kemana... gitu.

      Hapus
  20. mas aku pingin rute jakarta - surabaya yang bias di download pliiiis....

    BalasHapus
  21. Gan kok Crash sih ? Padahal Spek PC Medium

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, saya kurang tahu kalau masalah crash.

      Hapus
  22. gan mau tanya nih cara buatt memutar balikan jadwal rute misalnya rute pwt-tg menjadi tg -pwt gimana caranya mas??

    BalasHapus
  23. itu sebenarnya bisa, tetapi sulit, hampir sama dengan membuat rute baru

    BalasHapus
  24. ouh gitu ya gan... jarin bikin rute donk mas ? hehehe

    BalasHapus
  25. ya, besok tak kirimi filenya lewat e-mail, kemarin juga ada yang minta tutorialnya

    BalasHapus
  26. Mas,request rute malang blitar dong???

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukanya sudah ada yang bikin Malang-Blitar ya...

      Hapus
  27. tutor bikin rute nya mas.. makasih.. kirim email aja ya mas..

    BalasHapus
  28. Mas, ada rute Solo Balapan - Kutoarjo gak ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya malah belum pernah dengar kalau ada rute Solo Balapan-Kutoarjo, setahu saya yang ada Kutoarjp-Lempuyangan sama Yogyakarta-Solo Balapan

      Hapus
  29. Mas boleh minta tutorial membuat rutenya tidak? Kalau bisa tolong dikirimkan ke email fauzanbagaskara@gmail.com (Terima kasih banyak)

    BalasHapus
  30. Minta jalur pribadi dan email dunk saya mau sharing2

    BalasHapus
  31. Mas tolong Buatin rute SURABAYA-MALANG donk

    BalasHapus
    Balasan
    1. besok saya bikinkan yang lintas Sidoarjo-Lawang. Kalau Surabaya-Malang itu terlalu jauh kalau menurut saya.

      Hapus
  32. Balasan
    1. surabaya-sidoarjo belum punya rencana buat bikin. Dulu niatnya mau bikin SGU-PB sama SGU-LW, tapi ternyata terlalu jauh, jadi saya ganti rencana jadi SDA-PB sama SDA-LW

      Hapus
  33. Balasan
    1. SDA-PB sekarang baru sampai Bayeman, kurang 1 petak. Kalau SDA-LW, nanti rencananya kalau SDA-PB sudah jadi tinggal bikin lintas BG-LW

      Hapus
    2. Kira-kira di uploadnya kapan?

      Hapus
  34. Mas fikri saya boleh minat rangkaianya krakatunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    4. rangkaian krakataunya itu sebenarnya cuma dari Locomotive Pack Indonesia, hanya saja lokomotifnya saya edit liverynya.

      Hapus
  35. Kalo Rute Aku Akui Susah Buatnya Kalo Rangkaian Itu Mudah tinggal Ubah Extentiom.cfg nya

    BalasHapus
  36. Kalo Rute Aku Akui Susah Buatnya Kalo Rangkaian Itu Mudah tinggal Ubah Extentiom.cfg nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenernya membikin rute itu tidak sulit, tetapi butuh kesabaran.

      Hapus
  37. Balasan
    1. Saya lagi bikin tutorialnya, tapi belum jadi. besok kalau sudah jadi akan saya share di warung soto kok...

      Hapus
    2. Upload SDA-PB,SDA-LW Kapan Kira2?

      Hapus
    3. Upload SDA-PB,SDA-LW Kapan Kira2?

      Hapus
  38. Update SDA-PB,SDA-LW kapan Uplouad nya ditunggu

    BalasHapus
    Balasan
    1. SDA-PB harapan saya kalau bisa akhir Januari. sekarang tinggal bikin lintas Bangil-Lawang

      Hapus
  39. Kalo bisa tahun baru mas yg SDA-PB

    BalasHapus
  40. Maaaf Rute SDA-PB SDA-LW SUDAH JADI

    BalasHapus
  41. Maaaf Rute SDA-PB SDA-LW SUDAH JADI

    BalasHapus
  42. Mas request rute dong SDA-MJ via tulangan tarik mojokerto

    BalasHapus
  43. Mas Saya mau tanya bisa gak ??

    BalasHapus
  44. Mas kalo mau edit rute ini dengan mode malam bagaimana ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah pernah saya postkan caranya di fikrirf06.blogspot.co.id

      Hapus
  45. Mas fikri saya mau request dong mas bisa gak mas buat rute bandung-kroya terus didalam nya ada 4 macam rute ada -KA malabar -KA Argo wilis -KA turangga -KA pasundan bisa gak mas

    BalasHapus
  46. saran aja nih, jangan cuma rute dong kalo bisa rangkaian nya juga ada addons nya, ya digabung dari berbagai sumber juga

    BalasHapus
  47. Mas rute kediri-madiun nya kok gak bisa aku buka ya gmn solusi nya?

    BalasHapus