Senin, 23 Februari 2015

Rute OpenBVE Jogja-Solo



      OpenBVE adalah salah satu simulasi kereta api yang cukup dikenal di kalangan Railfans. Kali ini saya akan memposting rute bikinan saya yaitu rute Yogyakarta-Solobalapan (Jogja-Solo). Jalur yang saya buat ini merupakan wilayah dari jalur selatan yang sudah double track dan tidak terlalu banyak tikungan sehingga memungkinkan untuk dilewati dengan kecepatan yang cukup tinggi.
      Di dalam rute saya ini, saya menyediakan beberapa perjalanan kereta api, yaitu:
  • KA 162 Kahuripan
  • KA 262 Sriwedari
  • KA 82 Sancaka Pagi
  • KA 160 Pasundan
  • KA 6 Argo Wilis
      Berikut beberapa screenshot yang saya miliki sebagai ilustrasi:
KA 162 Kahuripan memasuki Stasiun Delanggu

Rute yang saya buat ini bisa di download  di sini. Bagi Anda yang sudah mendownload rute, Anda dapat men-download file rute yang telah disempurnakan di sini.
Untuk rangkaian yang digunakan, bagi yang belum memiliki dapat didownload dari beberapa developer berikut ini:
Terimakasih bagi Anda yang men-download rute ini, apabila ada hal yang kurang berkenan saya mohon maaf. Kritik dan saran dapat disampaikan lewat blog ini.
KA 262 Sriwedari di Stasiun Klaten
KA 82 Sancaka Pagi keluar jembatan Kali Opak, Prambanan
KA 160 Pasundan bersilang dengan KA 159 Pasundan
KA 6 Argo Wilis memasuki Stasiun Solo Balapan

55 komentar:

  1. Ijin sedot yah bro, makasih banyak dan salut atas kreatifitasnya. saya mau mainkan bareng anak saya. nextime minta diajarin buat rutenya deh, dulu pernah buat rute tanggerang-Beos di MSTS, tapi openbve bikin rutenya susah pake text editor gitu. apa ada tool yang pake GUI kaya MSTS untuk OpenBve ?

    Salam Tuan_Li

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih juga telah men-download rute saya, Kalau tool yang modelnya GUI seperti di MSTS, saya belum pernah tahu. Waktu saya membuat rute, saya pakai notepad dan route viewer. Route viewer inilah yang sudah memakai sistem GUI, namun fungsinya bukan untuk mengedit. RouteViewer inilah yang membantu saya, meskipun fungsinya hanya untuk menampilkan keadaan rute, tetapi untuk membuatnya tetap pakai notepad.

      Salam Railfans

      Hapus
    2. Mas kok kereta nya yang bisa cuma kahuripan sama pasundan yang lain kok enggak bisa ??

      Mohon penjelasannya

      Hapus
    3. pesan-nya yang ada waktu loading apa ya?

      Hapus
    4. Hai aku suka openbve tapi bikin rute perjalanan jogja pasar senen

      Hapus
  2. mas fikri mau tanya sebenarnya kalo buat rute itu pakai aplikasi apa aja mas...
    soalnya ane pingin buat rute sendiri
    terima kasih

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. nah ketemu rute buildernya yang gui tapi saya belum coba bikin
    http://routebuilder.bve-routes.com tapi kayanya itu wesite udah non aktif kalo nama programnya routebuilder142-setup.exe hampir 6 MB. semoga membantu kreratifitas bro Fikri dan teman2.

    Salam

    BalasHapus
  5. mas fikri, kok rute jogja-solo nya belum bisa di jalankan ya ?
    minta sarannya ya..

    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum bisa dijalankan karena apa ya? ada pesan criticalnya apa nggak ya?, mungkin bisa saya bantu

      Hapus
    2. Begini mas, untuk rutenya saya sudah extract ke file " rute " yang ada di open bve, nah, ketika mau di running, yang error sampai 400-an, sehingga rutenya gelap.

      mohon sarannya ya...
      Terima Kasih

      Hapus
    3. Biasanya rute gelap itu karena objeknya nggak ketemu. mungkin objeknya salah alamat.
      Ini alamat yang benar

      Rute = OpenBVE Indonesia\Railway\Route\PT KAI Jogja-Solo
      Objek = OpenBVE Indonesia\Railway\Object\KAI YK
      Suara = OpenBVE Indonesia\Railway\Sound\KAI YK

      Hapus
  6. oke mas, sudah bisa di running rutenya..
    Terima kasih atas sarannya

    Sukses terus mas, ditunggu rute2 selanjutnya...

    BalasHapus
  7. Mantap, Rutenya bagus bagus min. Apa ada rute yang padat aktivitas kereta api seperti aslinya, misalnya papasan, silang , dan susul ?

    BalasHapus
  8. Mantap, Rutenya bagus bagus min. Apa ada rute yang padat aktivitas kereta api seperti aslinya, misalnya papasan, silang , dan susul ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau silang dan susul sampai sekarang saya belum menemukan cara untuk membuatnya

      Hapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. Gan Kapan Kapan Ketemuan Yuk Saya Dari Pengembang BVE Simbolon Production Markas Depan Stasiun Kalasan Kalo Bisa Sambil Ngomongin Pengembangan OpenBVE Kedepannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh tuh kang... tapi akhir-akhir ini lagi banyak acara, mungkin akhir mei atau awal juni bisa. dari rumah ke Stasiun Kalasan cuma 6 km kok.

      Hapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya dulu download Malang-Blitar sama Purwosari-Kedungbanteng dari situs http://senjautamasolo.weebly.com/routes.html
      dulu saya bisa download meskipun dengan perjuangan (karena sering gagal ketika sudah 90% lebih). tapi terakhir kemarin saya mau nyoba download yang Padalarang-Sukabumi belum bisa. Rutenya bagus kok, objeknya beragam dan lengkap.

      Hapus
    2. mas fikri buatin rute bve psse-bks
      atau psse-cirebon Ya saya ingin banget rute itu tapi saya rute nya yg lama2 jadi udah bosen kalo mas fikri mau buat saya tunggu mas...,,,salam railfans.terimakasih

      Hapus
    3. mas fikri buatin rute bve psse-bks
      atau psse-cirebon Ya saya ingin banget rute itu tapi saya rute nya yg lama2 jadi udah bosen kalo mas fikri mau buat saya tunggu mas...,,,salam railfans.terimakasih

      Hapus
    4. besok ya, kalau sudah tiba giliranya...

      Hapus
    5. Upload balik Donk Malang-Blitar aku gak Bisa download Soalnya Limited Edition Di 4shared aku bisanya Di Mediafire/send Di email Dhafaufa123@gmail.com plizzzz

      Hapus
    6. Upload balik Donk Malang-Blitar aku gak Bisa download Soalnya Limited Edition Di 4shared aku bisanya Di Mediafire/send Di email Dhafaufa123@gmail.com plizzzz

      Hapus
  12. mas, kok udah di ektraks penempatan file juga sudah benar tapi kesalahan masih banyak, masih warna hitam semua? tolong sarannya , makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, kalau sampai separah itu saya nggak tahu solusinya, tapi umumnya, rute bikinan saya, selama alamat objek nya itu di folder Railway\Object\KAI JR, KAI YK, dsb. seharusnya tidak ada masalah separah itu

      Hapus
  13. Kalau ngubah suara stasiun gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau yang gampang caranya tinggal menukar file suara yang sudah tersedia dengan file yang baru

      Hapus
  14. buatin ya mas fikri saya tunggu pse-cn ato pse-ckp

    BalasHapus
  15. kalo mau buat rute pse-cn ato pse-ckp saya tunggu mas

    BalasHapus
  16. Upload balik Donk Malang-Blitar aku gak Bisa download Soalnya Limited Edition Di 4shared aku bisanya Di Mediafire/send Di email Dhafaufa123@gmail.com plizzzz

    BalasHapus
  17. Upload balik Donk Malang-Blitar aku gak Bisa download Soalnya Limited Edition Di 4shared aku bisanya Di Mediafire/send Di email Dhafaufa123@gmail.com plizzzz

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya mau minta izin sama yang bikin rute, tapi sampai sekarang belum sempat

      Hapus
  18. email saya fikri8kg@gmail.com
    tapi yang rute Malang-Blitar itu saya mau kontak yang bikin sampai sekarang belum bisa

    BalasHapus
  19. mas kok nggak bis di download?

    BalasHapus
  20. Mas Fikri, saya mau minta diajarin cara membuat rute sendiri, saya coba sendiri kok malah rusak rutenya. tolong di berikan tutorialnya dan tolong kalo bisa di publikasikan di internet buar teman yang lain pada belajar juga terima kasih

    BalasHapus
  21. Mas fikri itu kan ada dua file rute nahh yg disempurnakan itu tinggal direplace aja???

    BalasHapus
  22. mas punya file nya rute semarang tawang gak ?mohon jawaban nya

    BalasHapus
  23. Mas Fikri lo rutenya di balik bisa gak mas misal nya Jogja - solo d balik menjadi solo - jogja atau solo - semarang menjadi semarang - solo bila bs tlng mas ajarin dunk, biar g bosen bentar lg bulan puasa buat ngabuburit,,

    BalasHapus
  24. Mas kok di saya corrupt filenya ?? Tulisannya spt ini "The selected route is corrupt"

    BalasHapus